Cara Membuat Blog Gratis di Blogger / Blogspot

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger / Blogspot

Cara membuat Blog gratis di Blogger sangatlah mudah dan hanya beberapa langkah saja yang perlu Anda lakukan.

Sebelum membuat Blog, Anda harus terlebih dahulu memikirkan topik apa yang akan Anda buat.
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
Blog - Jalan blogg
Jika Anda ingin menjalankan proyek atau membangun bisnis, kemudian buat blog yang berisi layanan, produk, dan tujuan perusahaan. Orang akan tertarik mengetahui lebih banyak tentang visi dan misi serta layanan yang Anda tawarkan.

Ada juga berbagai opsi platform bagi Anda yang ingin membuat situs web pribadi atau sederhana. Juga berbagai hal dapat digunakan sebagai berita dan informasi.

Mulai dari tema perjalanan, teknologi, berita, hingga makanan, musik, dan sepatu - ada banyak topik yang bisa dijadikan diskusi utama blog.

Memilih niche blog tidak bisa dilakukan sembarangan, terutama terburu-buru. Lakukan penelitian dan perbandingan terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda tidak akan kesulitan menemukan niche blog yang tepat.



Tulis apa yang Anda suka. Pada akhirnya, melakukan sesuatu berdasarkan hobi dan kesukaan Anda akan memberi Anda hasil yang lebih baik. Dan tentu saja pembaca setia atau pengunjung Anda akan merasa puas.

Langkah-langkah Membuat Blog Gratis di Blogger (blogspot)

  1. Buka Halaman Web Blogger.com
  2. Buat Profil Blogger Anda
  3. Buat Blog Baru
  4. Buat Judul Blog dan Alamat Blog Anda.

Jika Anda sudah memiliki topik menarik yang akan Anda buat di blog Anda nanti, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Halaman Web Blogger.com

Buka halaman web Blogger.com, Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung klik Create Your Blog dan masukkan alamat email dan kata sandi Anda.
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
Blog Blogger


2. Membuat Profil Blogger Anda

Setelah langkah pertama Anda berhasil, Anda akan disajikan dengan Profil Blog yang akan dilihat pembaca ketika mereka melihat posting Anda ditampilkan di bawah.

Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini dan silakan masukkan nama untuk Profil Anda, dan klik lanjutkan ke blogger.


Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
Buat Profil Blogger Anda
Jika langkah pertama dan kedua Anda berhasil, maka Anda terdaftar di Blogger.
Selanjutnya adalah membuat Blog baru.


3. Membuat Blog Baru

Setelah Anda terdaftar di Blogger, Anda tidak dapat membuat artikel atau menulis. Untuk itu, Buat Blog Baru sehingga Anda bisa menulis apa pun yang Anda inginkan. Buat Blog sekarang dan mulailah menulis. Klik Buat Blog Baru.
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
Buat Blog Baru

4. Membuat Judul Blog dan Alamat Blog Anda

Langkah terakhir adalah buat Judul Blog dan Alamat Blog Anda.
Cobalah untuk Judul dan Alamat Blog Anda sesuai dengan topik yang akan Anda buat sehingga pembaca merasa lebih mudah ketika mereka mencari Blog Anda.

Lihat contoh gambar untuk Judul Blog dan Alamat Blog di bawah ini.
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
Buat Judul Blog dan Alamat Blog Anda


Untuk format penulisan Judul Blog, Anda bebas menentukan sendiri apakah akan menggunakan huruf Besar atau Kecil dan menggunakan pemisah atau tidak.


Perhatikan format untuk menulis Alamat Blog Anda.
Format penulisan untuk Alamat Blog yang diizinkan meliputi; nama alamat blog tanpa menggunakan karakter lain, menggunakan tanda hubung dan menggunakan tanda hubung lebih rendah.

Contoh;
Anda.blogspot.com
An-da.blogspot.com
An_da.blogspot.com

Sedangkan format penulisan yang tidak diizinkan untuk nama Alamat Blog adalah; Nama Alamat Blog menggunakan pemisah (Spasi), gunakan titk, gunakan garis miring, gunakan tanda kutip, gunakan koma dll, yang akan membuat Alamat Blog Anda tidak dapat dibuat.

Pastikan Alamat Blog tersedia seperti tanda centang pada contoh gambar di atas.
Jika yang muncul adalah tanda seru yang berwarna kuning, ini menunjukkan bahwa alamat blog yang Anda buat tidak tersedia dan Anda harus mengubah alamat blog lain.

"Warning"
Alamat blog yang telah dibuat tidak dapat diubah.

Jangan lupa untuk memilih tema yang disediakan sesuai keinginan Anda, dan klik Buat Blog.

Selamat Menulis dan Berkarya. Please...Share

Sebelumnya

post written by:

3 comments:

  1. Terima kasih atas penjelasan nya, sangat bermanfaat bagi saya :)
    @defrianda(1822500014)
    jangan lupa kunjungi website ini yah demi tugas kuliah saya, mohon di acc ya kak :) https://www.atmaluhur.ac.id/ ISB atma luhur

    ReplyDelete

Semoga Artikel di atas membantu, dan jangan lupa untuk klik tombol media sosial diatas untuk berbagi.